8 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

francesrhea.com – Mungkin kamu sudah sering mengunjungi Bali, mungkin kamu berpikir kamu sudah benar-benar tahu segala hal yang bisa ditawarkan oleh pulau para dewa ini. Jika begitu, mungkin 8 fakta menarik di bawah ini bisa menambah wawasan kamu tentang Bali.

  1. Pantai Pasir Hitam

Mungkin banyak orang yang membayangkan suasana pantai dengan pasir putih bersih ketika membicarakan tentang Bali. Meski begitu, ternyata Bali juga memiliki satu pantai unik yang dikelilingi oleh pasir hitam vulkanik yang begitu menakjubkan.

  1. Bali Kota Pariwisata

Kalau yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi karena Bali sendiri terkenal dengan kota pariwisatanya. Tapi, apakah kamu tahu jika sekitar 80% perekonomian di Bali tergantung pada bisnis pariwisatanya? Bali tidak akan seperti ini jika bukan karena pariwisatanya. Baik atau buruknya Bali, dipengaruhi oleh pariwisatanya.

  1. Lumba-lumba di Lovina

Kamu ingin melihat kelompok lumba-lumba yang melompat-lompat di atas air. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena kamu bisa mendapatkannya di Bali. Tepatnya di Lovina, ujung utara Bali, kamu bisa menyaksikan Lumba-lumba jenis spinner, spotted, frasers, rissos, dan beberapa turis juga mengaku pernah melihat hidung botol.

  1. Hari Nyepi

Ada satu hari yang unik di Bali di mana seluruh kegiatan di sana akan dihentikan, toko-toko ditutup, tidak ada yang bekerja, atau menyalakan lampu. Ya, hari ini dikenal dengan hari Nyepi. Di hari ini juga orang-orang tidak boleh melakukan sesuatu yang menimbulkan suara bising.

  1. Kopi Luwak

Dikenal sebagai kopi termahal di dunia, kopi yang berasal dari kotoran luwak ini dihargai sampai 50 dollar satu cangkirnya! Kopi luwak bukan hal yang eksklusif di Bali, tapi ada beberapa tempat di Bali di mana kamu bisa mendapatkan rasa otentik dari kopi Luwak.

  1. Nama di Bali

Kebanyakan orang Bali akan menggunakan nama yang sama untuk nama depan mereka, nama-nama tersebut di antaranya Wayan, Made, Nyoman, dan Ketut. Nama ini secara berurutan diberikan kepada anak pertama hingga anak keempat, baik lelaki maupun perempuan.

  1. Agama Mayoritas Bali

Meski Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, mayoritas masyarakat Bali memeluk agama Hindu.

  1. Kalender Bali

Berbeda dengan kalender yang biasa digunakan, orang Bali memiliki kalender dengan jumlah hari yang lebih banyak. Kalender ini adalah kalender asli agama hindu.