Asinan Gedong Dalem: 4 Dekade Melekat di Lidah Para Pelanggan

francesrhea.com – Bogor terkenal dengan banyak hal, dimulai dari nama kota hujan hingga akhirnya menjadi kota angkot karena populasi angkotnya yang semakin berjubel. Kota yang menjadi kediaman kepala negara ini juga punya banyak oleh-oleh yang khas seperti brownies talas, roti unyil, bolu lapis, dan banyak lagi kuliner lain yang dijadikan buah tangan saat berkunjung ke kota Bogor.

Tapi, ada satu lagi panganan ringan dengan cita rasa rasa pedas asam menyegarkan yang sudah sangat melekat dengan nama Bogor yaitu asinan. Dan kalau bicara tentang asinan, semua orang Bogor pasti setuju dan merekomendasikan Asinan Sedap Gedung Dalam atau singkatnya Asinan Gedong Dalem.

Didirikan sejak tahun 1978, nama Asinan Gedong Dalem sudah melekat di hati para pelanggannya. Makanan yang jadi favorit ibu hamil ini sangat aman dikonsumsi karena dibuat dari bahan-bahan segar dan tanpa pengawet.

Asinan Gedong Dalem terbagi ke dalam dua jenis yaitu asinan buah dan asinan sayur. Seperti namanya bahan baku yang digunakan adalah buah dan sayur yang disiram dengan kuah berbumbu. Meski begitu, bagi yang bingung memilih, bisa juga beli asinan campur yang isinya campuran sayur dan buah.

Baca juga : 8 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Monik, keturunan kedua dari pemilik usaha asinan yang genap 40 tahun di November tahun ini mengungkapkan rahasia kesuksesan usahanya.

“Semua buah (bahan baku) lokal, tidak ada yang impor. Jadi segar,” ungkap Monik.

Pepaya, ubi, bengkoang, kedondong, salak, dan beberapa buah lainnya diolah dalam keadaan segar dan direndam ke dalam air gula. Menurut pengakuan beberapa pelanggan, ada beberapa buah yang muncul secara musiman. Jadi beberapa kali membeli asinan di tempat ini bisa dapat komposisi buah-buahan yang berbeda-beda.

Untuk bisa mencicipi kesegaran Asinan Gedong Dalem ini, pelanggan juga tidak perlu merogoh kocek terllau dalam. Semua jenis asinan dibanderol dengan harga Rp.20.000,- saja dan hanya perlu menambah Rp.5.000,- untuk taburan kacang tanah. Dijamin segar dan tidak akan menyesal bisa merasakan oleh-oleh khas Bogor yang satu ini. Patut dicoba setidaknya sekali seumur hidup.